Friday, December 16, 2016

Node.Js Part I " Mencetak Hello World pada browser "


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم para coders 
pada pertemuan ini admin akan share pembelajaran pertama yaitu bagaimana sih mencetak Hello World menggunakan Node.Js pada browser ok langsung saja. Disini saya akan menggunakan sebuah module dari NodeJs yaitu ‘http Module’. disini kita akan menggunakan http module hanya untuk membuat sebuah server yang akan menhandle request dari Client/Browser yang nantinya kita akan mengirimkan Response balik berupa kalimat ‘Hello World’ yang ditampilkan di layar browser.
 
Untuk Source Code-Nya : 

var http = require('http');
http.createServer(function(req, res){
    res.writeHead(200,{
        'Content-Type':'text/plain'
    });
    res.end('Hello World');   
}).listen(300);
console.log("Server Running port 3000");

Dan simpan code tersebut dengan nama appHello.js
kemudian buka command Promt pada windows dan masuk ke direktori filenya di simpan
lalu jalankan dengan perintah node appHello.js maka tempilannya seperti di bawah :


aya akan jelaskan source code diatas. pertama kita me require module ‘http’ yang module tersebut disimpan dalam variable yang kita buat bernama http,Kemudian kita menggunakan createServer() method yang ada di http module untuk membuat sebuah server object method ini membutuhkan satu argument yaitu sebuah callback function, dan callback function memiliki dua parameter req dan res.req digunakan untuk mendapatkan informasi tentang request yang dibuat oleh client/browser seperti http://localhost/image.jpg yang berarti saya meminta image.jpg pada server localhost.. 
Sedangkan res digunakan untuk mengirimkan HTTP response.Kemudian, kita menggunakan method writeHead(status, {}) yang ada pada res object, writeHead() berfungsi untuk menset header dari HTTP response yang akan server kirimkan pada client/browser dan disini kita menset status kode menjadi 200 yang berarti ‘success’/'ok' dan pada argument ke dua kita memasukan object yang berisi ‘Content-Type’: ‘text/plain’ yang berarti kita menset content type yang akan dikirimkan oleh server kepada client/browser yang dalam hal ini adalah ‘text/plain’ kamu juga bisa menset ‘Content-Type’ nya ke ‘text/html’ sehingga jika kita ganti res.end(‘Hello World’) menjadi res.end(‘<h1>Hello World</h1’) maka akan menampilkan heading1 dengan tulisan Hello World.
 
untuk lebih jelas tentang status code & header silahkan baca:
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_HTTP_header_fields
http://www.w3.org/Protocols/rfc2616/rfc2616-sec10.html

Kemudian res.end() method digunakan untuk mengakhiri response yang dikirimkan pada user.
Note: jika res.end() tidak dipanggil maka server tidak akan berhenti mengerimkan response kepada client/browser yang mengakibatkan page akan terus mereload yang ditandakan dengan icon reload pada browser yang terus berputar tanpa henti dan untuk melihatnya silahkan hapus baris yang berisikan

res.end(‘Hello World’);
 Jika server yang lalu masih berjalan hentikan dengan menekan ctrl+c dan jalankan perintah diatas.
Di res.end() kita memberikan nilai string berupa ‘Hello World’ sebagai argument dan hal yang kita lakukan ini adalah optional jadi kita bisa saja mengakhiri response dengan hanya menuliskan res.end() tanpa memberikan ‘Hello World’ sebagai argument res.end(‘Hello World’). Dan method yang saya sarankan untuk menuliskan Text pada client/browser adalah res.write(text_mu).
Dibaris terakhir kita menggunakan sebuah method dari server object yaitu listen() yang digunakan membuat server melisten pada host dan port yang kita inginkan disini kita menggunakan listen(3000) yang membuat server melisten pada host localhost dan port 3000 atau bisa dituliskan http://localhost:3000. di method listen default hostnya adalah localhost jadi kita tidak perlu menset nya lagi tapi jika host yang digunakan bukan localhost maka bisa tambahkan argument pada method listen seperti  listen(8192, ‘196.168.0.1’)  yang membuat server melisten pada host 196.168.0.1 port 8192 atau http://196.168.0.1:8192.
Nah mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan terima kasih telah membaca dan selamat bereksperiment dengan http module.
okay mungkin cuma itu yang dapat saya share Happy Coding

Unknown

Author & Editor

Happy Coding

4 comments: